Senin, 07 Maret 2011

tugas kelas XI


1. buat powerpoint yang berisi mengaktifkan Ms. Aceess

sampai membuat tabel seperti contoh di blog ini

2. isi blog 25 artikel (15 artikel sesuai jurusan, 5 artikel pengetahuan umum, 5 artikel hoby)

3. setiap siswa buat link ke blog pak wisnu

4. buat jumlah pengunjung (counter)

tugas kelas XI


buat powerpoint yang berisimengaktifkan Ms. Aceess

sampai membuat tabel seperti contoh di blog ini

Jumat, 25 Februari 2011

Rabu, 16 Februari 2011

Fungsi blogger untuk pendidikan



Diantaranya adalah :
1. blog menjadi sarana publikasi tulisan yang termudah sekaligus strategis. Kita sudah pada tahu, salah satu masalah utama yang dialami kebanyakan penulis-terlebih lagi penulis pemula-adalah soal wadah publikasi. Media massa umum seperti koran, tabloid, majalah, jurnal, sering kali terbatas ruangnya dan mematok standar kualitas tulisan tertentu. Setiap hari, ribuan tulisan masuk ke meja redaksi berbagai media massa, tapi hanya sedikit saja yang bisa dimuat.

Nah, selain sejumlah website yang menerima kontribusi tulisan dari luar, blog bisa jadi solusi bagi tulisan-tulisan yang tidak tertampung itu. Manakala tulisan ditampilkan di blog, aslinya tulisan itu sudah punya “nyawa” dan mendatangkan pengaruh. Hanya tulisan yang dipublikasikan saja yang punya nyawa dan pengaruh kepada pembacanya. Blog bisa menjadi alat untuk menghidupkan tulisan kita.

Lalu, apa strategisnya memublikasikan tulisan di blog?


Nilai strategisnya sedikit berbeda dengan media offline macam surat kabar. Tulisan yang dimuat di surat kabar belum tentu bisa diakses melalui internet, kalau surat kabar tersebut tidak online. Tulisan di blog jelas online, dan pada tingkatan tertentu, tulisan tersebut mudah diakses melalui search engine. Jejak di search engine inilah yang punya nilai startegis.

2. tulisan di blog mudah sekali dikomentari dan feedback ini banyak manfaatnya. Asal menu komentar tidak ditutup, maka siapa pun yang membaca tulisan kita bisa berkomentar apa saja di sana. Memang, untuk blog yang aktif serta sering dikunjungi, komentar mudah sekali didapat dan jumlahnya bisa banyak sekali. Sementara, blog yang kurang aktif, jarang ditaut (di-link), dan jarang dikunjungi biasanya juga tidak banyak komentarnya.

Banyak orang belum sepenuhnya aware dengan peran komentar atau feedback tulisan ini. Bagi penulis, komentar atas tulisan sungguh merupakan alat uji bagi tulisan itu sendiri. Positif atau negatif komentarnya, itu semua bisa menjadi bahan perbaikan tulisan atau bagian dari proses pembelajaran penulisnya. Bahkan, banyak sekali ide-ide baru yang bisa dielaborasi dan dieksplorasi dari lalu lintas komentar tersebut.

3. blog bisa menjadi alat penumbuh kebiasaan dan keteraturan menulis. Bagaimanapun, setelah punya blog biasanya kita akan terdorong untuk terus mengisinya dengan berbagai bentuk tulisan. Terlebih bila tulisan-tulisan kita mendapatkan sambutan atau aneka komentar dari para pengunjung. Ini akan memotivasi kita untuk rajin mem-posting tulisan. Bagi mereka yang sedang belajar menulis, komentar atau tanggapan blogger (penulis blog) lain ini akan sangat besar artinya.

Khusus untuk para blogger yang sudah memiliki jaringan luas serta setiap tulisannnya dinantikan, pastilah ada semacam dorongan untuk terus mengisi blog-nya. Tulisan-tulisan terbaru para blogger yang sudah cukup bergaung namanya atau terkenal biasanya juga selalu dinantikan. Bila mereka mulai mengendor atau jarang meng-update blog, pasti ada keluhan dari para pengunjung setia. Jika ini keterusan, pengunjung bisa menurun dan akan kurang menguntungkan si blogger.

4. menulis di blog secara rutin juga berdampak pada kemampuan kita dalam menuangkan gagasan. Makin sering menulis di blog, rasanya akan semakin mudah pula mengeluarkan ide-ide dalam bentuk tulisan. Ini sama persis dengan kegiatan menulis diari sehari-hari. Semakin sering kita mengisi diari, semakin mudah dan lancar pula kita menulis.

5. blog bisa menjadi ajang ekspresi yang bebas hambatan sama sekali. Ini memungkinkan tulisan-tulisan yang dalam kacamata umum mungkin dianggap kurang pantas, terlalu absurd, atau melanggar aturan-aturan tertentu, di blog malah mendapatkan saluran seluas-luasnya. Blog bisa menjadi saluran gagasan-gagasan alternatif, bahkan yang paling ekstrim sekalipun. Ini yang tidak mungkin diwadahi oleh media konvensional.

Sifat blog yang bisa diisi oleh siapa pun, dengan jenis tulisan apa pun, serta dengan segala tingkatan kemampuan menulis, membuatnya menjadi ajang ekspresi intelektual yang sangat konstruktif. Sumirnya batas-batas tersebut (karena penulis sendirilah yang menetapkan batasannya) bisa merangsang blogger menuliskan apa saja serta menambahkan keberanian dalam berekspresi. Nah, sisi keberanian berekspresi inilah yang bisa mendongkrak kemampuan menulis seseorang.

6. blog adalah tempat kita untuk menabung tulisan. Satu demi satu kita isi blogblog kita akan penuh juga. Bagus sekali bila mayoritas tulisan yang kita tampilkan di blog adalah karya sendiri. Terlebih bila blog dengan beragam tulisan, maka lama kelamaan memang kita jadikan sebagai sarana untuk berlatih menulis dan menampung tulisan-tulisan karya sendiri.

Pada saatnya nanti, tulisan-tulisan di blog bisa kita oleh menjadi karya lainnya, buku misalnya. Kalau tulisan sudah terkumpul dan temanya memiliki benang merah tertentu, serta dari sisi kualitas memang memenuhi syarat untuk dibukukan, mengapa tidak dibukukan? Potensi inilah yang tampaknya belum banyak dilirik oleh para blogger. Saya termasuk yang sedang mendorong-dorong para blogger supaya ngeh dengan potensi blog untuk dibukukan.

7. blog bisa berfungsi sebagai media personal branding. Blog bisa menjadi ajang unjuk ide, pikiran, karya, tulisan, serta pencitraan. Lima tahun yang lalu mungkin Anda tidak mengenal siapa itu Enda Nasution, Priyadi, Fatih Syuhud, Jennie S. Bev, dan para blogger kenamaan saat ini. Kalaupun sudah mengenalnya, mungkin hanya sayup-sayup belaka. Tapi, berkat kiprah mereka di dunia maya melalui blog, mereka kini dikenal menjadi orang-orang beken di dunia blog Tanah Air. Itu artinya, mereka berhasil membangun merek diri melalui blog. Tinggal pemanfaatan ekuitas mereknya saja akan seperti apa nantinya.

Blog bisa membuat seorang penulis yang “bukan siapa-siapa” menjadi penulis yang bisa “dikenal oleh siapa saja”. Interkoneksi antara blog dengan mesin pencari dan kebutuhan akan data oleh pengguna internet, ternyata telah menciptakan situasi kesalingterhubungan alias saling kenal. Terpaut dengan segala aktivitas maya lainnya, maka situasi itulah yang akhirnya bisa memupuk brand seseorang.
sumber : http://choqiegambang.blogspot.com/2009/10/fungsi-blogger-untuk-pendidikan.html

Kamis, 29 Juli 2010

materi text

MATERI BAHAN AJAR TEXT

pengertian Directory: adalah struktur hirarki yang digunakan untuk membuat file terlihat lebih rapih, sehingga mudah diakses. biasa disebut juga dengan Folder.
(sumber...http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20081016010105AAgB20B)

perintah-perintah DOS:


sumber diambil dari:

http://www.klik-kanan.com/pemula/perintahdos.shtml
http://www.vitanouva.net/index.php?topic=1731.0
http://gery-casakom.blogspot.com/2010/05/tutorial-sistem-operasi-ms-dos.html


CD..(ENTER)
CD…=PERINTAH INTERNAL YANG BERARTI CHANGE DIREKTORY…
Pindah DIREKTORY
contoh : cd windows, untuk pindah ke directory windows

DIR..(ENTER)
DIR..=PERINTAH INTERNAL UNTUK MELIHAT ISI DIREKTORY/FOLDER
Menampilkan file dan directory
dir /p Menampilkan file dan directory per PAGE
Perintah ini sangat berguna bila terdapat file dan directory yang banyak.
dir /w Menampilkan file dan directory secara "singkat" (cuma menampilkan nama file atau directory saja, tidak ada keterangan ekstensi, ukuran file, tanggal dan jam)

C:\>….…ARTINYA KOMPUTER AKTIF DI DRIVE C

C:\>D: (ENTER)
D:\>..KOMPUTER AKTIF DI DRIVE D
D:\> DIR (ENTER)
D:\>DIR/P (ENTER)….MENAMPILKAN ISI DIREKTORY
SECARA PER HALAMAN MONITOR (DIR/P….TAMPILKAN SETIAP PAGE)
CD TAHTA (ENTER)……PERINTAH UNTUK MASUK KEDALAM
DIREKTORY TAHTA…SHG MENJADI D:\TAHTA>

CD..
MD …….= perintah untuk membuat directory (MD = Make directory)
CONTOH:
MD ANANDA…..= perintah untuk membuat directory ANANDA

RD ……= perintah internal untuk menghapus directory
RD ANANDA…= perintah internal untuk menghapus directory ANANDA

REN …..= Mengganti nama file
CONTOH:
REN ANANDA ANDI….perintah internal mengubah folder ANANDA menjadi ANDI
REN perkenalan.txt datasaya.txt….mengubah file perkenalan.txt menjadi datasaya.txt

copy ……….= Meng-copy file
CONTOH:
D:\jono>copy datasaya.txt d:\junu\datasaya.txt…..=copy file datasaya.txt yang ada
Di drive D dalam folder jono dicopy kedalam drive D dalam folder junu
D:\jono>copy datasaya.txt datasaya1.txt ….meng-copy datasaya.txt, nama file hasil copy-an adalah datasaya1.txt. Jadi akan terdapat datasaya.txt dan datasaya1.txt dengan isi yang sama. Ganti datasaya.txt dan datasaya1.txt dengan nama file yang akan Anda copy

CLS …….Perintah internal. Untuk menghapus layar monitor

DEL …….Perintah internal. Untuk menghapus file
Contoh:
D:\jono>del datasaya.txt (enter)
D:\jono>dir (enter)….perhatikan file datasaya.txt masih ada ataukah tidak

ATTRIB…. Perintah eksternal. Untuk melihat/mengubah atribut file
Contoh :
Melihat attribut file/folder
D:\junu> attrib dataku.txt (enter)
Akan tampil : D:\junu\dataku.txt
Mengubah attribut file/folder
Contoh:
Mengubah atribut file dataku.txt menjadi hidden
D:\junu\attrib +h dataku.txt
Mengaktifkan atribut hidden sekaligus atribut system pada file dataku.TXT
D:\junu\attrib +h +s dataku.txt
Menonaktifkan attribut hidden, read-only dan system pada semua file dalam direktori aktif (current directory). Kombinasi atribut ini dapat digunakan untuk memunculkan kembali file-file yang 'disembunyikan', misalnya sebagai dampak infeksi virus ke komputer:
contoh:
d:\junu>ATTRIB -h -r -s *.*

Senin, 09 November 2009

Rabu, 04 November 2009

acess-1-DATA SISWA

MEMPERSIAPKAN APLIKASI MICROSOFT ACCESS.
PROYEK MEMBUAT PROGRAM DATA SISWA
1. Buka aplikasi Microsoft Access
2. Klik File New
3. Pilih Blank Database
4. Create nama file database
Setelah anda mengisi nama database, anda bisa langsung mengklik tombol create atau menekan tombol enter.

MEMBUAT TABEL
Tabel dalam sebuah database adalah objek pokok yang harus ada, karena tabel merupakan tempat penyimpanan data yang sesungguhnya. Tabel dalam Microsoft Access merupakan tempat penampungan data atau informasi.
Untuk membuat tabel ada 3 cara yaitu:
1. Create table in design view
2. Create table by using wizard
3. Create table by entering data
Pada saat ini kita akan membuat tabel dengan cara yang pertama yaitu Create table in Design View. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Tampilan awal create table in design view
2. Klik 2 x create table in design view sehingga terbuka jendela yang harus diisi.
KETERANGAN :
A. Field Name
Fungsinya untuk memasukkan nama-nama field dari suatu tabel.
B. Data Type
Barbagai macam tipe data yang ada di ACCESS sebagai berikut:
b.1. Text
Merupakan tipe data yang sering digunakan ( Alfabetic dan Numeric). Panjang maksimumnya 255.
b.2. Number
Hanya digunakan untuk menyimpan data numerik.
b.3. Date/Time
Digunakan untuk menyimpan nilai tanggal dan jam. Panjang maksimumnya 8 karakter.

b.4. Memo
Mampu menampung nilai sampai 65535 karakter.
b.5. Currency
Sering digunakan untuk nilai mata uang.
b.6. AutoNumber
Berisi angka urut yang sudak ditetapkan oleh Access yang muncul secara otomatis dan nilainya tidak dapat diubah.
b.7. Yes/No
Berisi dua nilai saja yaitu Yes/No atau True/false dan On/Off.
b.8. OLE Object
Digunakan untuk eksternal objek. Misalnya gambar,suara, dan sebagainya.
b.9. Hyperlink
Gabungan dari Text dan Numerik yang disimpan dalam bentuk Text. Digunakan untuk manyimpan pointer ke situs web.
b.10. Lookup Wizard
Untuk memilih sebuah nilai dari tabel lain atau List Box atau Combo Box.
C. Description
Sebagai keterangan yang akan mempermudah dalam memahami field name

Pada Field Properties, Anda dapat menentukan :
 Field Size : Isi dengan panjang dari nama-nama field
 Format : Tentukan bentuk tampilan data, digunakan untukformat tanggal, format angka, format waktu dan lain-lain
 Input Mask : Tentukan pola data

Karakter Digunakan untuk
0 Digit yang memerlukan masukan
9 Digit yang tidak perlu masukan
# Digit, +, - atau spasi
L Alphabet perlu masukan
? Alphabet tidak perlu masukan
A Alphabet atau digit perlu masukan
A Alphabet atau digit tidakperlu masukan
. Titik desimal
, Pemisah ribuan
: Pembatas untuk jam
- atau / Pembatas untuk tanggal
< Karakter dikanan diubah ke huruf kecil
> Karakter dikanan diubah ke huruf besar

 Caption : Isi dengan judul pada pembuatan form, report dan sebagainya
 Default Value : Tentukan nilai dari sebuah bilangan secara otomatis
 Validation Rule : Tentukan batasan dan aturanpemasukan data pada sebuah filed
 Validation Text : Isi dengan pesan, bila terjadi kesalahan pemasukan data berdasarkan pada Validation Rule
 Required : Isi Yes, Jika memerlukan data masukan; isi No, jika data akan dikosongkan
 Allowed Zero Length : Isi Yes, jika data string boleh mempunyai panjang nol
 Index : Untuk menentukan pengurutan data



Langkah selanjutnya :
1. Masukan nama-nama field berikut:
a. Nama
b. Jk
c. Tgl_lhr
d. alamat

2. Masukan data type
a. Field nama, isikan dengan data type: text
b. Field jk(jenis kelamin), isikan dengan data type: text, dengan perintah sebagai berikut:
b.1. pilih lookup wizard
b.2. Akan tampil form lookup wizard
Pilih i will type in the values that i want selanjutnya klik next
b.3. isikan tabel col1 dengan :
Laki-laki
Perempuan

Selanjutnya klik next.....finish

c. Field tgl_lhr, isikan dengan data type: text, dengan perintah sebagai berikut:
c.1. pilih date/time
c.2. Pada field properties,klik pilihan pada format dan pilih medium date
d. Field alamat, isikan dengan data type: text
4. MENENTUKAN PRIMARY KEY
Untuk menentukan dan mengubah primary key pada suatu field, ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih dan klik tabel yang anda inginkan ubah primary key-nya.
2. Klik tombol toolbar Design.
3. Pilih dan Klik nama field yang ingin dijadikan primary key
4. Pilih dan klik menu Edit, Primary Key atau klik tombol toolbar Primary
Tentukan field yang akan dikunci (contoh:nama)
3. Setelah itu klik close pada pojok kanan atas
4. Setelah itu klik save, lalu beri nama tabel data_siswa
5. Klik yes, lalu beri nama tabel (contoh:daftar) kemudian klik OK
6. Hasil dari pembuatan tabel tersebut di atas akan tampak
PENGISIAN DATA
Klik data_siswa 2 kali
ISI DENGAN DATA YANG ADA
1. Klik save
2. Klik close